"Sehari" di Alam Makhluk Halus

Sumber: Samarinda Pos Online, Jumat, 20 Agustus 2004

KAWAN-kawannya sempat kebingungan. Kenapa Sugono tiba-tiba menghilang saat bekerja di sekitaran Bukit Soeharto. Tiga hari kemudian, Sugono baru muncul. Namun diakuinya, ia hanya pergi sehari saja. Bertemu dengan makhluk gaib dan berada dunianya.

KETIKA itu, Sugono dan 4 kawannya mendapat pekerjaan di Bukit Soeharto. Tepat di jalur lurus KM 65 ruas jalan Samarinda-Balikpapan. Karena gajinya lumayan, tawaran itu diterima. Namun gara-gara itu, Sugono, mendapatkan pengalaman yang tak pernah dialami seumur hidupnya.

Hamparan hijau pepohonan Bukit Soeharto memang mengundang banyak misteri. Penampakan aneh makhluk halus di tengah jalan, hingga berbagai mitos yang hingga kini tetap dijalankan sebagian warga yang melalui jalur itu. Misalnya saja, harus membuang sedikit makanan ke jalan. Tujuannya agar tak mendapat kendala di sepanjang jalan. Mulai mesin mati, salah jalur hingga yang lebih parah, kecelakaan!

Kepada Sapos, Sugono menceritakan secara gamblang peristiwa itu. Saat mencari kayu, tiba-tiba saja Sugono tersentak. Keindahan begitu menyeruak di depannya. Ada pegunungan, air terjun, "orang-orang" hilir mudik. Pokoknya seperti perkampungan pada umumnya.

"Tempatnya indah betul. Saya juga baru tahu kalau di sana ada air terjun tinggi. Termasuk gunung-gunung," kata Sugono kepada Sapos beberapa waktu lalu.

Tak ada yang menegur dirinya. Sugono hanya berjalan-jalan tak tentu arah. Ia pun mampir ke sebuah warung untuk makan. Namun semuanya gratis. Sugono pun berlaku seperti biasa. Berusaha menegur yang dijumpainya, namun tetap saja tak mendapat respon.

"Kaya bisu saja. Tapi antara satu sama lain ngobrol. Saya jadi bingung sendiri. Bayangkan saja, masa ada perkampungan bagus di tengah hutan di Bukit Soeharto," tutur Sugono.

Menjelang magrib, Sugono mulai kesepian. Tak ada tempat menginap. Karena kelelahan ia pun tertidur. Betapa kagetnya Sugono ketika mendapati 4 kawannya sudah berada di depannya tak jauh dari tempatnya bekerja. Sugono pun bertanya-tanya, apa yang barusan menimpa dirinya.

Dari obrolan yang ada Sugono ternyata telah hilang selama 3 hari 3 malam. Namun di dunia gaib itu, Sugono hanya merasa sehari saja.

Menurut Ketua Tim Supranatural Sapos, hal tersebut merupakan kegaiban yang memang bisa terjadi di Bukit Soeharto. Dan memang, ada perbedaan waktu yang cukup signifikan antara alam nyata dengan alam gaib. (ica)