Makhluk Aneh di Bangka Belitung

Sumber: Seketika.com 20/09/2005

Pangkal Pinang - Seorang operator alat berat di penambangan timah inkonvensional (TI), mengaku selama ini ia dan teman-temannya sering melihat manusia primitif dan mirip makhluk aneh yang hidup berkelompok di pedalaman hutan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ada yang tertarik?

Pengakuan adanya sejenis manusia primitif di hutan belantara Bangka Belitung itu disampaikan Sayu Kade, 32, perantau asal Lampung yang sudah empat tahun lebih mengoperasikan alat-alat berat di berbagai TI khususnya di hutan Belinyu Kabupaten Bangka dan hutan Air Bara di Kabupaten Bangka Selatan, di Pangkalpinang, Senin (19/9).

Pemuda kelahiran Bali itu menuturkan keluh kesah atau suka-dukanya menjari operator PC yang setiap hari bergelut dengan tanah dan air di dalam hutan baik siang maupun hingga larut malam. Pengalaman yang paling menyeramkan selama bekerja di hutan, menurut Sayu sebagai seorang yang beragama Hindu sering kali bertemu dengan sekolompok manusia primitif yang wajahnya mirip binatang, badannya seperti menusia normal berkulit kuning, kuku jari tangan dan kaki panjang-panjang, tetapi telapan kaki mengarah ke belakang.

Makhluk tersebut memang tidak pernah mengganggu, hanya melihat orang bekerja. Apalagi mereka senang jika ada lampu sorot dari PC, tetapi jika diusik atau diusir makhluk-makhluk yang tanpa mengenakan pakaian dan jenis kelaminnya jelas kelihatan bisa marah juga dan melempari orang yang mengusirnya, tutur operasi PC profesional tersebut. - ( gunawan )


Ada Manusia Primitif di Hutan Bangka?

Sumber: Kompas CyberMedia 20 September 2005

Pangkalpinang, Selasa

Seorang operator alat berat penambangan timah inkonvensional (TI), mengaku selama ini ia dan teman-temannya sering melihat makhluk aneh yang disebutnya sebagai manusia primitif. Makhluk ini hidup berkelompok di pedalaman hutan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pengakuan adanya "manusia primitif" di hutan Bangka Belitung itu disampaikan Sayu Kade (32) perantau asal Lampung yang sudah empat tahun lebih mengoperasikan alat berat di kawasan pertambangan hutan Belinyu Kabupaten Bangka dan hutan Air Bara di Kabupaten Bangka Selatan, Senin.

Pemuda kelahiran Bali yang siang malam "bergelut" dengan tanah dan air di dalam hutan itu mengaku punya pengalaman yang dianggapnya menyeramkan: Ia sering kali bertemu dengan sekolompok manusia primitif yang wajahnya mirip binatang, badannya seperti menusia normal berkulit kuning, kuku jari tangan dan kaki panjang-panjang, tetapi telapak kaki mengarah ke belakang.

Makhluk tersebut memang tidak pernah mengganggu, mereka hanya melihat orang bekerja, bahkan senang mengamati lampu sorot dari alat berat. Tetapi jika diusik atau diusir makhluk-makhluk yang tidak berbusana itu akan marah dan melempari orang yang mengusirnya.

Sayang sekali sejauh ini tidak ada bukti berupa foto yang dapat memastikan makhluk apakah yang dijumpai Sayu Kade. Padahal banyak orang yang mengaku pernah bertemu dengan makhluk-makhluk aneh serupa manusia seperti yang diceritakan Kade.

Di wilayah Amerika Utara misalnya, penduduk tidak asing lagi dengan sasquatch alias bigfoot, makhluk serupa kera besar yang berbulu lebat dan berjalan tegak. Sementara di kawasan Himalaya, sering terdengar nama Yeti, manusia salju yang berwajah buruk. Tidak jauh-jauh, di hutan Kerinci Seblat, Sumatera, penduduk juga bercerita mengenai adanya orang pendek, manusia bertubuh kecil yang berbulu.

Tapi sejauh tidak ada bukti-bukti mengenai keberadaannya, maka kebenaran mengenai makhluk-makhluk itu hanya ada bagi mereka yang melihatnya. The truth is in the eye of the beholder, begitu kata orang.