Mainan balon api udara

Pada tahun 2000 sekitar bulan April, di kota Tegal di malam hari, banyak terlihat titik2 api kecil yang melayang-layang dilangit. Tadinya saya pikir kembang api model apa lagi ini?

Ternyata ini bukan kembang api. Ini mengambil ide dari "balon udara", yaitu sebuah kantong plastik tipis dengan diameter kira-kira 40 cm dan panjang 80 cm yang dibawahnya diberi rangka kawat tipis melingkari sisi bawah kantong plastik, ditengahnya melintang juga kawat mengikuti diameternya dan ditengahnya di kaitkan sedikit gumpalan kapas. Kapas ini nantinya di basahi dengan minyak goreng dan kemudian dibakar dan beberapa saat kemudian kantong plastiknya akan mengelembung dan mulai terangkat keatas. Ada banyak yang menjualnya di kaki lima dengan harga Rp.500,-/buah.

Permainan kreatip ini sudah memakan korban beberapa rumah yang terbakar. Seorang kawan saya yang bernasib mujur bercerita bahwa rumahnya nyaris kebakaran gara-gara permainan ini. Sebuah balon udara yang gagal mencapai langit bebas, tersangkut di atap rumahnya, dan membakar kantong plastik itu sendiri. Kantong plastik yang terbakar membuat api menjadi makin besar dan meleleh dari atap menetes pada kayu2 rangka atap sehingga terbakar. Beruntung bahwa ybs. segera tahu dan berhasil memadamkannya, meskipun ibunya sempat histeris karena ketakutan.