Meteor

Anda pernah melihat meteor? Meteor biasa disebut sebagai bintang jatuh. Terkadang jatuhnya meteor bukan cuma satu saja melainkan bisa banyak sehingga disebut sebagai hujan meteor.

Menurut Nurhasan Murtiaji dalam situs Ferry's Astronomy Page, Meteor adalah fenomena keseluruhan masuknya partikel padat dari angkasa luar ke atmosfer bumi. Secara khusus meteor menggambarkan sorotan cahaya yang dihasilkan oleh ionisasi meteor ketika memasuki atmosfer bumi. Partikel padat yang ada di angkasa antar planet dengan ukuran lebih besar dari atom atau molekul tetapi lebih kecil dari asteroid dinamakan dengan meteoroid. Sedangkan meteorite merupakan meteor yang telah memasuki atmosfer bumi namun tidak habis terbakar dalam pergesekannya dengan atmosfer bumi sehingga mencapai permukaan bumi dalam bentuk padat (solid state).
http://www.as.itb.ac.id/~ferry/Articles/MeteorFenomena/MeteorFenomena.html

Fenomena meteor ini terkadang dipersepsi salah sebagai sebuah benda terbanganeh atau UFO. Bahkan kasus paling fenomenal adalah ledakan Tunguska tahun 1908. Para ahli menduga bahwa ledakan itu diakibatkan jatuhnya sebuah meteorit, namun beberapa orang menganggap bahwa hal itu disebabkan jatuhnya sebuah UFO.

Seperti diberitakan di Kompas, 13 Agustus 2004, para ilmuwan Rusia mengklaim telah menemukan reruntuhan wahana ruang angkasa makhluk asing (atau UFO) di sebuah tempat di Siberia, dimana pernah terjadi suatu ledakan misterius hampir seratus tahun lalu.

Perdebatan apakah ledakan Tunguska dikarenakan meteor atau UFO masih panjang. Namun ketika seseorang melihat di langit sebuah bola sinar yang melesat cepat dan kemudian hilang, bisa jadi hal itu adalah meteor. Misalnya seperti kejadian di atas wilayah Barat Teksas. Sesuatu yang diduga meteor melintas di atas wilayah barat Teksas, sehingga polisi setempat banyak menerima telepon yang menyatakan adanya bola api di langit, demikian dikatakan polisi hari Sabtu.

Benda yang mendarat hari Kamis di dekat taman nasional Hueco Tanks, sekitar 32 kilometer sebelah timur El Paso, sebuah daerah tak berpenghuni, demikian dikatakan sherif El Paso, Mark Ball kepada kantor berita AFP.

"Kami percaya kami melihat lubang di lokasi, namun tidak sesuatu pun yang tersisa," jelas Ball. "Benda itu hancur." Sementara itu, penduduk melaporkan adanya suara dentuman bom dan melihat bola api yang menyala melesat di udara sekitar pukul 01.00 dinihari.

"Ada sebuah benda berwarna kuning yang bercahaya melintas, kemudian turun dan dari titik tersebut membuat ledakan yang memancarkan bola api," ujar seorang penduduk yang dikutip sebuah televisi lokal.

Jejak asap terlihat sepanjang Las Cruces di selatan New Mexico, sekitar 60 kilometer utara El Paso, demikian kata polisi. Sebuah helikopter militer dikirim ke wilayah tersebut dan menggunakan sinar infra merah untuk melihat reruntuhan objek yang jatuh namun tidak menemukan apa pun, demikian dilaporkan televisi setempat. (Sumber: SUARA PEMBARUAN, 13 Oktober 1997)

Anda tentu dengah mudah menduga bahwa peristiwa itu hanya sebuah meteor jatuh saja. Tapi bagi pengamat UFO, hal yang aneh adalah, mengapa sebuah helikopter militer dikirim ke wilayah tersebut? Berikut sebuah contoh kasus:

I'm told this evening a meteor or satellite or possibly a UFO crashed tonight near El Paso Texas in an area which sits at the corners of the borders with the country of Mexico ( right across from Ciudad Juarez or Jaurez Mexico , look at a map ) It's a hop skip and jump into the US State of New Mexico from there...but the TV station trying to cover it is in the city iof El Paso in the state of TEXAS USA...the UFO as described was videotaped over the area around El Paso last thursday afternoon. It was seen in the skies in the El Paso area, and it was also there that residents were jolted by sonic boom and a glowing slow ballistic type entry impact. I'm also told the feds are all over the place, trying to keep a lid on things. I can't get confirmation on any of this.

Bagaimana kalau menurut pendapat Anda? Apakah itu memang UFO atau bukan (ternyata hanya meteor)?