Anda pernah dengar yang namanya Sundogs? Fenomena ini akan terlihat seperti matahari berjumlah 3 buah. Beta-ufo pernah mendapat laporan tentang fenomena seperti ini dan memang selama ini dianggap sebagai UFO. Namun jika dianalisa, bisa saja fenomena ini ternyata adalah Sundogs.

Bagaimana fenomena sundogs ini bisa terjadi?

Sundogs

Sundogs, also known as mock suns or "parhelia", are a pair of brightly colored spots, one on either side of the sun. Sundogs form as sunlight is refracted by hexagonal plate-like ice crystals with diameters larger than 30 micrometers and their flat faces horizontally oriented.Sundogs are visible when the sun is near the horizon and on the same horizontal plane as the observer and the ice crystals. As sunlight passes through the ice crystals, it is bent by 22 degrees before reaching our eyes, much like what happens with 22 degree halos. This bending of light results in the formation of a sundog.


Kebumen Selatan, 1932

Saya mau cerita satu hal lain yang bukan saya alami sendiri, tetapi oleh kedua orangtuaku dan banyak warga kampung lain. Itu terjadi pada tahun 1932 di wilayah Kebumen selatan... sekitar 4 km dari pantai selatan. Ketika itu Ibu hamil tua anak ke-3 (untuk catatan saja, saya anak ke 16). Pada saat kakak ke-3 ku itu hampir lahir, hampir segenap warga desa (saya ulangi ... hampir segenap warga dukuh) melihat suatu sighting... yaitu ada TIGA MATAHARI, ketiganya sama terang, sama besar, kurang lebih begitu kata ayah almarhum...yaa.. TIGA MATAHARI di pagi hari, sekitar pukul 10 pagi waktu jawa, sekitar pukul 09.00 WIB).

Tidak ada deskripsi lebih lanjut...cuma benda2 yang mendampingi matahari itu lalu lenyap dalam beberapa saat, cukup membuat semua orang keluar dari rumah untuk mellhatnya. Ukurannya bahkan nyaris sama dengan matahari pagi itu. Orang, termasuk ortuku yakin sebenarnya ada 3 benda asing... salah satu yang di tengah berusaha (mungkin tak sengaja) menutupi matahari, Tapi ya tentu saja tidak menjadi seperti gerhana...Hanya saja, kenampakan totalnya jadi tetap tiga, yang satu di depan matahari yang terlalu silau untuk dilihat (atau sebenarnya yang tampak ya matahari yang maha terang itu).