Bandung, 4 April 2008

Laporan pertama kali masuk ke BETA-UFO melalui telepon, 4 April 2008, beberapa menit setelah peristiwa berlangsung oleh saksi mata (Bobby Hendrawan). Kemudian karena ada dari pihak detikbandung.com ingin mewawancara soal UFO, kepada mereka diinformasikan soal laporan ini sehingga akhirnya dimuat di detikbandung.com dan juga Kompas Online.


Dimuat di Kompas Online, Sabtu, 5 April 2008 | 02:46 WIB

Bobby Hendrawan (35) warga GBA Bojongsoang mengaku telah melihat benda aneh di udara yang diyakini sebagai unidentified flying object (UFO). Bobby merasa yakin benda putih yang dilihatnya bersama istrinya Jumat (4/4) adalah UFO karena ia mengenal ciri-ciri UFO sejak kelas 3 Sekolah Dasar (SD).

"Saya yakin itu bukan awan apalagi sebagai khalayan karena istri saya yang berada di boncengan motor melihat hal yang sama," ujar Bobby. Menurutnya, pengalaman melihat UFO bukan yang pertama karena tahun 2004 menjelang tahun baru 29 Desember ia sempat melihat hal yang serupa bahkan merasakan sinaran yang masuk ke dalam mobil.

"Yang lebih terasa saat melihat UFO tahun 2004, karena sinar hijau sampai masuk mobil, bahkan tangan, muka dan roti yang sedang dimakan berubah warna hijau," aku Bobby. Lelaki itu menuturkan kejadian pertama, sekitar pukul 04.30 WIB. Ketika itu ia keluar bersama istrinya berangkat ke Yogyakarta. Saat menelusuri jalan di sekitar sawah, tiba-tiba merasakan ada sinar hijau.

Merasa penasaran, Bobby melihat ke atas dan ada benda bulat mengeluarkan benda hijau, kemudian melesat dan menghilang. "Sayang kejadiannya hanya beberapa detik, tapi benda tersebut menyerupai UFO yang pernah dipelajari di majalah-majalah," ujar Bobby.

Kejadian kedua yang dialami pegawai agen perjalanan di daerah Surya Sumantri, terjadi Jumat (4/4) pukul 07.40 WIB. UFO yang dilihatnya kali ini berbentuk bulat putih seperti tasbih. "Sepanjang perjalanan dari GBA, ia tidak melih benda apapun. Tetapi saat menelusuri Jalan Pajajaran, tepatnya dekat taman Jalan Arjuna atau persisnya di depan STM Penerbangan, saya merasa ada yang aneh di langit," ujar Bobby.

Merasa penasaran, ia kemudian menghentikan sepeda motor dan mengamati benda putih bulat yang tidak bergerak. "Saya semula mengira benda itu layang-layang. Tapi anehnya tidak bergerak. Warnanya putih lebih cerah dari pada awan yang melintas," ujar Bobby.

Bobby mengaku memperhatikan benda itu sekitar 15 menit sampai benda putih bergerak perlahan-lahan dan mengeluarkan cahaya merah. Ia sempat mengabadikan dengan video melalui telepon selular. "Hasilnya tak jelas karena terlalu jauh, jadi saya tak punya bukti tapi saya yakin itu UFO," ujar Bobby.

Bobby mengaku menyesal tidak mengajak warga sekitarnya untuk melihat kejadian aneh itu. Saksi nmata satu-satunya adalah istrinya. "Saking terpana saya lupa mengajak masyarakat untuk melihat UFO, apalagi diburu waktu bekerja," ujarnya.

Sebelum meninggalkan benda aneh, Bobby sempat melambaikan tangan dengan harapan ada balasan. Tetapi tak ada reaksi apa pun dari benda putih di atas awan tersebut. "Saya mungkin dianggap mengkhayal dan bertingkah laku aneh. Tapi ini pengalaman yang benar-benar terjadi," ujar Bobby mengakhiri pembicaraan. (tribun jabar/tsm)


Dimuat di detikbandung.com, 04/04/2008 13:15 WIB, laporan Erna Mardiana - detikBandung

4 April 2008, sekitar pukul 07.40 WIB, seorang warga Bandung menyaksikan munculnya UFO di Jalan Pajajaran.

Berdasarkan penuturan Bobby Hendrawan (35), pegawai salah satu agen perjalanan di daerah Surya Sumantri, kepada detikbandung, seperti biasa dia bersama sang istri keluar rumah di Ciganitri, Bojongsoang, Buahbatu, sekitar pukul 07.00 WIB �

"Saya mau mengantar istri saya dulu yang kerja di daerah Ciroyom," ujarnya.

Rute jalan yang diambil melalui Jalan Pasirkaliki lalu belok kiri menuju Jalan Pajajaran. Tepat di dekat taman Jalan Arjuna atau persisnya di depan STM Penerbangan, Bobby melihat di atas langit ada benda aneh.

"Saat itu langit cerah sekali, berwarna biru. Saya melihat benda berwarna putih seperti lampu tangan sebesar kepalangan tangan. Benda itu tidak bergerak sama sekali," tuturnya yang mengaku menghentikan kendarannya.

Melihat hal itu, Bobby langsung mengabadikannya dengan kamera handphonenya. "Namun sayang pas dilihat di HP, engga terlihat. Mungkin karena pixel kamera saya kecil," ujarnya.

Menurutnya saat itu waktu menunjukkan pukuln 07.40 WIB. Boby mengaku memang sudah sejak lama tertarik dengan fenomena UFO, sehingga secara refleks dia pasti melihat jam saat melihat benda aneh di langit. Dia mengaku ini kejadian kedua kalinya setelah 2004 silam.

"Saya melihat benda itu hingga 15 menit. Nah benda itu sempat bergeser ke kiri, lalu diam lagi. Trus dia bergeser ke atas, dan di atas benda itu keluar cahaya merah, mirip bintang," tutur Bobby.

Karena diburu waktu, akhirnya Boby melanjutkan perjalanan sebelum benda itu hilang. "Pas saya pergi pun saya sempat melihat ke atas dan benda itu masih ada. Saya sempat lambaikan tangan, hehe kali saja ada respon," ujar Bobby.