Banyumas, April 1990

Informasi ini diperoleh dari milis Astronomi Indonesia yang dikirim oleh Faidzin Firdhaus pada tanggal 25 April 2007 (Message #2357)


Ada dua penampakan yang pernah saya lihat di langit ketika saya masih kecil.

Pertama, Pas malam bulan ramadan tahun 1990 (April 1990) di kota Banyumas (tidak jauh dari kebumen) saya melepas pandangan ke bintang-bintang. Ketika saya belokkan pandangan saya ke Timur Laut saya melihat sebentuk bola diameternya kurang lebih 1 atau 2 derajat turun pelan-pelan ke horison timur laut, warnanya berubah-ubah merah hijau kuning dll (saya gak ingat urutannya).

Waktu itu teman-teman saya juga melihat dan kami menikmati bersama-sama tanpa tau apa itu. Kalau disebut kembang api rasanya tidak masuk akal karena ukurannya terlalu besar untuk jarak yang terlihat waktu itu cukup jauh. (jaraknya kurang lebih 10 kilo – terlihat seperti berada di atas kali serayu).

Paginya saya konfirmasi ke seorang teman kelas saya. Ternyata dia melihat juga benda itu melintas cepat di sekitar zenith. Dia bilang itu “ndaru” (saya gak tau bahasa indonesianya apa tapi menurut konsep mistis jawa, ndaru itu semacam penampakan yang melayang di langit, biasanya menandakan adanya proses mistis semacam penghantaran santet atau semacamnya. Bisa juga dihubungkan dengan musibah, bala atau bahkan rezeki bagi seseorang)

Saya merasa ragu dengan penjelasan teman saya waktu itu. Dan saya juga cukup skeptis atas kemungkinan bahwa yang saya lihat itu UFO. Barangkali teman-teman punya penjelasan lain.

Kedua, Pas berangkat sekolah sekitar tahun 91 atau 92 saya melihat bentuk cerutu kecil (panjangnya mungkin hanya setengah derajat) melayang di langit (di bawah awan). Apakah mungkin itu roket?

Mungkin ada penjelasan ilmiah bagi penampakan-penampakan yang pernah saya (dan teman-teman saya) lihat?

Terimakasih

Pleiades