Batam, 27 April 2008

Laporan ini diterima dari Bowo, tinggal di Batam, melalui milis BETA-UFO, pada tanggal 28 April 2008.


Hari minggu 27 April 2008 pukul 10:35 cuaca saat itu agak aneh. Panas terik tetapi di beberapa bagian muncul gumpalan awan hitam dan diselingi hujan rintik-rintik. Perubahan cuaca dari panas ke mendung kemudian hujan rintik dan kembali panas berlangsung sangat cepat dan berkali-kali. Mungkin hanya hitungan menit.

Saat itu saya lagi keliling membuat track menggunakan gps untuk develop map (tugas sukarela dari milis sebelah). Tiba-tiba diantara segumpulan awan, saya melihat ada yang berkilau karena pantulan matahari. kalau bahasa jawanya 'mak cling' hanya sepersekian detik kemudian menghilang (saya anggap sembunyi) di balik awan gelap. Bentuk benda seperti cerutu, horisontal, berwarna silver chrom (seperti bagian dalam bungkus snack). Hanya separuh badan (tengah ke belakang) yg terlihat. mungkin yg separuhnya lagi sudah tertutup awan.

Semula saya kira pesawat. tapi memangnya ada ya pesawat/maskapai yang berwarna silver chrom (berkilat)? Karena batam sering dijadikan perlintasan pesawat dari negara lain, saya hentikan motor untuk memastikannya. 5 menit pantengin langit (sampai kepanasan), tidak ada benda apapun yang muncul. Kalau memang pesawat, harusnya nongol lagi dibagian lain awan gelap, tapi ini tidak ada sama sekali.

Ga sempat memotret dlsb, tidak ada saksi juga karena naik motor sendirian dan hanya ada 1 mobil dibelakang. Saya tidak yakin apakah mereka yang didalam mobil melihat, karena kejadiannya memang cepat sekali

Demikian laporan dari Batam.

cheers,
bowo - batam