Flores, 23 Februari 2007

Sumber: www.detiknews.com

Ledakan Hebat Terdengar di Langit Flores, Tanah Terasa Bergetar

23/02/2007 18:43 WIB
Emmy F - detikcom

Jakarta - Ledakan hebat terdengar di langit Pulau Flores bagian tengah, Kabupaten Ngada, tepatnya di daerah segitiga Kecamatan Soa, Kecamatan Golewa, dan Kecamatan Boawae. Ledakannya sangat besar hingga tanah terasa bergetar.

Kejadian tersebut terjadi pada Jumat (23/2/2007), sekitar pukul 07.30 Wita. Para saksi di tiga kecamatan itu mengatakan melihat ada asap yang mengepul di udara disertai percikan api.

Pihak kepolisian dari Polres Ngada hingga pukul 19.15 Wita masih belum bisa mengidentifikasi benda apa yang menyebabkan dentuman keras itu.

"Kami masih mencari posisi ledakan dan barang apa yang meledak itu," jelas Kapolres Ngada AKBP Wijanarko saat dihubungi detikcom.

Polisi yang diterjunkan ke lokasi masih belum kembali ke Ngada, sehingga belum ada keterangan yang pasti. (gah/sss)


Ledakan di Angkasa Flores Bukan Pesawat

24/02/2007 02:00 WIB
Emmy F - detikcom

Kupang - Dhuar!! Sebagian warga di Kabupaten Ngada, NTT, dikejutkan ledakan dahsyat Jumat 23 Februari sekitar pukul 07.30 Wita. Polres Ngada pun mencari tahu sumber ledakan.

Ada dugaan yang meledak adalah pesawat terbang. Koordinasi dengan Dinas Perhubungan Ngada dan bandar udara di Flores dilakukan. Namun tidak ada laporan adanya kecelakaan pesawat.

"Tidak ada yang kehilangan pesawat ataupun hilang kontak dengan pesawat yang melintas di sana," ujar Kapolres Ngada AKBP Wijanarko saat dihubungi detikcom, Jumat (23/2/2007).

Karena itu, Wijanarko menduga ledakan itu berasal dari benda langit. "Kemungkinan besar yang meledak adalah meteor yang jatuh ke bumi, atau mungkin juga satelit yang jatuh dan meledak," lanjutnya.

Ledakan hebat itu didengar warga di daerah segitiga Kecamatan Soa, Kecamatan Golewa, dan Kecamatan Boawae. Saking kerasnya, tanah pun terasa bergetar. (nvt/nvt)