Jejak asap aneh di Jakarta, 11 Maret 2007

Informasi ini awalnya diperoleh dari milis kit-id/kitm@nia yang dikirim oleh Budhi Ilham pada tanggal 12 Maret 2007.

Kemarin sore sekitar pukul 17.45 saya sedang duduk di depan teras kamar, ada sebuah jejak pesawat. Pesawat ini tidak menimbukan suara sama sekali. Apakah ada yg tau, kira2 pesawat apakah yang melintas diatas rumah saya?

Kejadiannya tepat di atas rumah orang tua saya, di kawasan Palmerah Jakarta Barat. Kejadian di hari minggu, tanggal 11/03/07 sekitar pukul 17.45wib. Ketika pertama kali saya liat object itu langsung saya ambil photo-nya.

 




Beberapa tanggapan yang masuk ke milis tersebut (dan juga milis BETA-UFO):
 
Jovita Winita A:
Aku juga lihat waktu itu aku kebetulan lagi di makam pahlawan pondok aren, bintaro sektor 9. Pesawatnya kayaknya besar nggak ada bunyi cuma asap dan berkelok ( seperti gambar ), malah kata keponakaanku 9 thn kaya roket apaan itu. Warna pesawat itu silver semua kebetulan ada pantulan sinar matahari agak bagus
 
Jusuf Juwana:
Kemaren sore kira2 jam 5 an yah mas liatnya, sayapas di jalan tol, kalau saya jelasin ke anak saya itu saya bilang semua pesawat bisa membuat jejak seperti itu, sebab jejak seperti asap itu sebenarnya adalah kondensasi yang terjadi di ujung sayap pesawat ( CMIIW), jadi bukan pesawat tempur aja yang bisa buat jejak asap seperti itu.
 
Thomas Tonbeng:
Kemarin sekitar jam 17.30 - 17.45, Memang saya ada lihat pesawat dengan jejak asap afterburner di areal BSD Tangerang. Jenis pesawat setelah saya amati adalah F 16, meluncur dari arah cengkarang (soekarno hatta) ke arah Bogor. Suara masih dapat terdengar dengan samar - samar, ketinggian pesawat sekitar 10.000 kaki lebih soalnya awan masih lebih tinggi.
 
Alex:
Jenis pesawatnya apa... tidak bisa diketahui karena gak terlihat. Tapi biasanya, itu "jejak" buangan jet komersial yang terbang tinggi. Pada kondisi tertentu, dimana di ketinggian jelajah pesawat tsb udaranya dingin dan dilintasi buangan jet yang panas, maka udara "berkondensasi" membentuk jejak spt itu.Itu sangat sering terjadi kok, nothing special. Terutama saat udara cukup cerah dan jarang awan. Kalau disebut itu jejak afterburner F-16, apalagi F-16 TNI AU... jelas bukan(kalau bukan TNI AU, siapa ? Black flight ?). Jadwal mereka tidak di Jakarta saat itu.
 
Hasraldi:
Saya juga lihat jejak berikut pesawat tersebut pada waktu yang sama di daerah ambasador kuningan.... memang jejak yang ditinggalkan sedikit aneh berbentuk patah siku 130 derajat, saya sempat perhatikan memang bentuk benda yang ada didepan membuat asap seperti pesawat tapi saya tidak tahu pesawat apa.....banyak orang yang juga turut memperhatikan karna jejak pesawat tersebut seperti melekat pada langit dan berbentuk aneh siku 130 derajat.....
 
Fibri:
Kebetulan saya melihat kejadian itu bersama dengan isteri saya saat perjalanan di Tol Cibubur menuju Tol Kota, kejadian itu cukup cepat, lokasi saat itu dilokasi daerah Tol Taman mini sepertinya memang pesawat tempur. Berawal dari awan kecil menuju ke atas, kemudian berbelok tajam ke kiri menimbulkan sudut yang hampir siku-siku.
 


Zonny:
Saya lihat jejak seperti ini juga waktu parkir di bintaro plaza sore sekitar jam itu juga. sempat lihat pesawatnya, seperti pesawat penumpang dengan mesin ganda (cmiiw) tapi tidak tau jenisnya.

 
Catatan waktu terbang ini dibuat berdasarkan data waktu yang terekam dari rangkaian foto yang diambil oleh Budhi Ilham.