Jatinangor, Sumedang, Bandung, 12 Agustus 2007

Informasi ini awalnya diperoleh dari sebuah blog milik Hielmy Zaenun Nafsi, yang mengemukakan: "Katanya ada meteor, saya tadi liat tapi jatuhnya lambat dan kelap kelip, nggak mungkin pesawat, apa ini UFO?" 01:27 AM August 13, 2007. Informasi lebih detail diperoleh lewat chatting Y!M tanggal 24 Agustus 2007. Berikut yang disampaikan oleh Hielmy:

Iya waktu itu katanya ada hujan meteor, saya penasaran lihat ke langit, kata temen saya di malang cuma liat satu cahaya. Terus ada lagi yang dibekasi katanya ada liat satu aja tapi jalannya lambat. nah kebetulan nggak lama kemudian saya juga lihat satu cahaya yang berjalan lambat, nggak seperti meteor. Awalnya cahayanya kelap-kelip seperti bintang, jatuh agak cepat, lalu berhenti. Kemudian jalan horizontal seperti pesawat, kalo meteor kan pasti jatuh ke bawah...

Cahaya itu jalan terus, kemudian berhenti, maju lagi, terus menghilang. Kakak saya (Irfan Topandi, 26 th, sebut saja Ipan) melihat pakai teropong buat senapan, jadi nggak jelas2 amat, susah ngeliatnya juga. Katanya bentuknya pipih ada cahaya seperti lampu sorot dibawahnya. Katanya ada dua lampu sorot gitu dan mengarah ke depan kalo nggak salah. Terakhir terlihat, benda itu menuju ke arah Selatan.

Saya melihat cahaya itu di kawasan Jatinangor, sekitar Bandung sekitar jam 11-12an malam. Cahayanya seperti bintang, kecil jauh. Kadang maju terus diam, logikanya kalo bintang nggak mungkin maju, kalo pesawat biasa nggak mungkin hovering, kalo heli terlalu tinggi, ya saya nggak tau makanya saya sebut UFO (karena benda terbang nggak dikenal kan)

Ketika ditanya soal berapa kira-kira jauhnya, Hielmy menjawab: "Wah jauh sekali kayaknya, ibaratkan benda sebesar helikopter cuma keliatan setitik bintang, mungkin segitu kira-kira..."

Catatan: Laporan ini dibuat tanggal 24 Agustus 2007. Hielmy Zaenun Nafsi, 21 th, adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Politik jurusan Kesejahteraan Sosial Universitas Padjajaran.


Kembali ke BETA-UFO