Jawa Tengah, antara tahun 1941 - 1945

Seorang bekas pejuang kemerdekaan yang bernama Bapak Emil Salim, bertutur pernah menyaksikan fenomena aneh pada masa perang kemerdekaan dahulu.
Saat itu beliau sedang berada di daerah antara Bintaran dan Wirogunan ( Pakualaman ) di Jawa Tengah, antara tahun 1941 - 1945.

Pada suatu pagi antara pukul 10.00 - 11.00 WIB, beliau melihat, apa yang menurut beliau dikatakan sebagai 'Empat Matahari'. ( note : perhatikan istilah "Empat Matahari", penggambaran yang sama seperti "Tiga Matahari" yang dilaporkankan oleh saksi Bapak T. Asmedi Suripto pada penyaksian di Kebumen Selatan, 1932 ).

Dari keempat benda yang bersinar amat terang dan berbentuk bulat itu, salah satunya jelas diidentifikasikan sebagai matahari. Sedang ketiga benda lainnya tidak diketahui identitasnya. Ketiga benda bercahaya terang tadi melayang-layang cukup rendah dan membentuk formasi seperti sebuah segi tiga. Lama kelamaan, ketiga benda tadi membumbung ke angkasa dengan kecepatan tinggi tanpa mengubah formasinya dan kemudian menghilang. Kejadian tersebut disaksikan oleh banyak orang.
(Catatan : Kami bertemu dengan beliau secara tidak sengaja ketika kami melakukan riset lapangan untuk meneliti laporan pemunculan UFO di Tebet Barat, Jakarta Selatan tanggal 7 Juni 1995. Bapak Emil ketika itu adalah ketua RT di daerah Tebet Barat.)

Sumber: Laporan penyaksian UFO yang dikumpulkan oleh SCUFOS [ Hary Iswanto, Jakarta]