Kayu Ara, Landak, Kalimantan Barat, 17 Maret 2001

Informasi ini diperoleh lewat email di milis BETA-UFO dari Rudy Fransiskus, tanggal 26 Maret 2001.



Hari Sabtu (17 Maret 2001), saya masih berada di desa Kayu Ara, Kecamatan Mandor, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat - mengikuti Kuliah Kerja Mahasiswa. Tepatnya saya berada di lingkungan RT 01 Dusun Kayu Ara Dalam, letaknya sekitar 2 kilometer dari jalan raya propinsi. Pukul setengah 7 malam saya bersama seorang kawan - Elia Setio Nugroho - berjalan keluar melihat-lihat pemandangan langit kala malam. Waktu itu langit sangat cerah, bintang-bintang tampak sangat jelas dan banyak. Pukul 18.45 kami berdua melihat sebuah 'bintang' yang pergerakannya sungguh berbeda. 'Bintang' itu bergerak lurus dari arah barat ke timur. Ia tidak tepat melewati atas kepala kami, tapi letaknya beberapa derajat di sebelah selatan. Setelah beberapa menit berjalan, 'bintang' tersebut kemudian berbelok menuju barat. Setelah lebih dari 2 menit mengikuti pergerakannya, akhirnya cahaya 'bintang' tersebut hilang karena di ufuk selatan langitnya agak terang terkena lampu-lampu kendaraan yang lewat di jalan raya propinsi.

Sekitar pukul 7, kami berjalan pulang. Tapi di perjalanan kami masih sempat melihat sebuah 'bintang' lain berjalan pula searah dengan 'bintang' yang tadi, yakni dari timur ke barat. Kecepatannya pun kurang lebih sama.

Hari Senin (19 Maret 2001) saya dan Elia kembali melihat-lihat ke langit dari tempat yang sama. Sekitar pukul 7 malam, kami melihat lagi ada sebuah 'bintang' yang berjalan melintasi langit. Arahnya agak berbeda dari yang kami lihat sebelumnya. Tujuannya agak ke arah timur laut.

Kami berdua yakin bahwa cahaya-cahaya itu bukanlah cahaya dari kunang-kunang (di desa itu banyak sekali kunang-kunang, tapi 'bintang' tersebut menurut kami berada sangat tinggi di angkasa) atau pesawat terbang (pada malam hari kami sering melihat pesawat melintas di sana, jelas cahayanya berbeda).