Laporan ini disampaikan oleh Bapak T. Asmedi Suripto melalui email.

Kebumen Selatan, 1932

Saya mau cerita satu hal lain yang bukan saya alami sendiri, tetapi oleh kedua orangtuaku dan banyak warga kampung lain. Itu terjadi pada tahun 1932 di wilayah Kebumen selatan... sekitar 4 km dari pantai selatan. Ketika itu Ibu hamil tua anak ke-3 (untuk catatan saja, saya anak ke 16). Pada saat kakak ke-3 ku itu hampir lahir, hampir segenap warga desa (saya ulangi ... hampir segenap warga dukuh) melihat suatu sighting... yaitu ada TIGA MATAHARI, ketiganya sama terang, sama besar, kurang lebih begitu kata ayah almarhum...yaa.. TIGA MATAHARI di pagi hari, sekitar pukul 10 pagi waktu jawa, sekitar pukul 09.00 WIB).

Tidak ada deskripsi lebih lanjut...cuma benda2 yang mendampingi matahari itu lalu lenyap dalam beberapa saat, cukup membuat semua orang keluar dari rumah untuk mellhatnya. Ukurannya bahkan nyaris sama dengan matahari pagi itu. Orang, termasuk ortuku yakin sebenarnya ada 3 benda asing... salah satu yang di tengah berusaha (mungkin tak sengaja) menutupi matahari, Tapi ya tentu saja tidak menjadi seperti gerhana...Hanya saja, penampakan totalnya jadi tetap tiga, yang satu di depan matahari yang terlalu silau untuk dilihat (atau sebenarnya yang tampak ya matahari yang maha terang itu).

Kakakku yang no. 3 lahir selamat, walau ibu terkaget-kaget, takut dengan penfsiran macam dari orang pada zaman itu, maklum, dan ....sampai saat ini kakakku tetap bernama TRI BASKORO (dalam bahasa jawa klasik artinya ya TIGA MATAHARI)...Bapak memilih nama itu ya untuk mengabadikan kejadian mengesankan di desa pada tahun 1932 itu. Beliau, kakaku itu, saat ini sudah pensiun dari Telkom.

Lalu apa itu ya..? Aku waktu itu bilang pada Bapak: itu UFO pak, atau piring terbang lah... Tapi Bapak cuma berkomentar... "iku kanugrahaning Pangeran...anakku si Tri Baskoro lahir nggowo tetenger kan aneh ananging nggowo rejeki..." Ya, dia pelita kami karena dia the living big brother dan memang sangat saleh serta penyabar.


Analisa: Kemungkinan fenomena "tiga matahari" ini adalah efek pembiasan sinar matahari yang disebut "sun dog"

Wikipedia: A sun dog or sundog (scientific name parhelion, plural parhelia, e.g. "with the sun") is a relatively common halo, an atmospheric optical phenomenon mostly associated with the refraction of sunlight by small ice crystals making up cirrus or cirrostratus clouds. Another term used is sunbow (an arch resembling a rainbow made by the sun shining through vapor or mist).