Kedoya, Jakarta Barat, 30 Desember 1996

Saksi T.A. yang baru saja turun dari kendaraan umum di daerah Kedoya, Jakarta Barat pada tanggal 30 Desember 1996, pukul 21.40 WIB, menyaksikan benda terbang yang bercahaya yang melintas di atasnya.

Wujud benda itu secara pasti tidak diketahui, karena yang terlihat hanya lampu-lampu atau cahaya-cahayanya saja. Akan tetapi jika dilihat dari posisi cahaya-cahayanya, dapat disimpulkan benda itu berbentuk panjang atau agak lonjong. Yang terlihat oleh saksi yaitu empat buah lampu yang berjejer dari depan ke belakang, dua buah lampu berada di kiri dan kanan membentuk seperti sayap dan dua buah lampu yang berada di bagian paling belakang dan membentuk seperti segi tiga.

Lampu yang berada paling depan mengeluarkan cahaya berwarna putih, sedang lampu yang berada di sayap kirinya bercahaya oranye dan lampu di sayap kanannya bercahaya kuning. Selebihnya lampu-lampu yang berada di badan dan bagian belakangnya bercahaya warna-warni. Kesemua lampu-lampu itu memancarkan cahaya dan juga berkedap-kedip.

Benda itu terlihat pada sudut 60 derjat, membentuk lintasan lurus dari arah timur ke barat. Ukurannya diperkirakan kurang lebih 30 cm pada ketinggian lebih kurang 30 meter. Kecepatannya dikatakan seperti pesawat terbang. Benda itu disaksikan oleh saksi selama lebih kurang 20 detik, kemudian pengelihatannya terhalang oleh dinding tinggi.

Warga sekitar yang ditanya oleh saksi menyatakan bahwa benda tersebut kerap terlihat di daerah itu ( ? ). Akan tetapi menurut saksi yang sangat mengenal betul bentuk-bentuk maupun karakteristik pesawat terbang, benda yang ia saksikan pada malam itu bukan pesawat terbang, baik itu pesawat terbang sungguhan ataupun pesawat terbang radio control.

Sumber: Laporan penyaksian UFO yang dikumpulkan oleh SCUFOS [ Hary Iswanto, Jakarta]