Kelian, Kalimantan Timur, 20 Nopember 1999

From: Syauki, Faris (kem)
To: 'Nur Agustinus' <bgm@sby.centrin.net.id>
Date: Friday, March 17, 2000 9:53 AM

Waktu itu hari Sabtu 20 November 1999, pukul 22.00 WITA, saya ingat karena waktu itu saya lagi nonton sinema utamanya Indosiar di rumah teman (filmnya My girl2), dan karena mau dunia dalam berita saya pulang (kan biasanya ada tulisan sesaat lagi kita bergabung dengan TVRI tuh). Pas saat itu saya permisi pulang, baru 5 langkah saya berjalan di arah barat saya lihat ada seberkas cahaya bulat berwarna hijau melesat jatuh.

Saya bekerja di PT Kelian Equatorial Mining, di Prampus site, Kabupaten Kutai Kaltim. Kira-kira 3 jam dari Tenggarong (7 jam via Sungai mahakam dari Samarinda). Kalau cari di peta mungkin tidak ada Prampus tapi cari daerah Long iram Melak Jelemuk atau Tutung nah site saya itu ada di sekitar daerah itu tepatnya di sisi sungai Kelian.

Yang saya rasakan aneh karena saya tidak melihat cahaya itu di ufuk yang jauh, berbeda dengan saat melihat meteor. Dari posisi saya horizontal ke cahaya itu kira-kira 3 km lebih, arah vertikalnya saya tidak yakin tapi kayaknya di bawah 500 meter karena cahaya itu cepat sekali menghilangnya di balik bukit, dan di balik bukit itu ada open pit yakni kawah hasil galian tambang yang dalamnya kira kira 300 m. Saya yakin ada bulatan (yang warnanya hijau juga) pada pangkal kilatan cahaya hijau itu.

Saya rasa sudah cukup deatil, tapi kalau ada yang masih ditanyakan saya dengan senang hati akan membantu.

Yoki


Peta lokasi PT Kelian Equatorial Mining

Kelian

PT Kelian Equatorial Mining (KEM)

East Kalimantan