USO di Laut Banda dan sekitarnya, 2000

Submitted by: Dahono F. - Semarang, Central Java Indonesia - Date: 2/5/2000 - Time: 5:22 AM EST
Subject: Unexplained Event, UFO Sightings - Location: Sea of Banda & it's vicinity - Date: 01/15/2000 - Time: 04:00 AM
Country: Indonesia - Seas around the islands of Moluccas and Irian/Papu - Number of witnesses: 4 maybe 6
Objects Shape: Light - Number of objects: 20 to30 - Object had lights - Object emitted beams of light

Sebenarnya ini adalah pengalaman sepupu saya. Saya memberitahu dia supaya dia menceritakan kepada orang lain untuk mencari penjelasan tentang kejadian ini, tapi dia tidak mau dan tidak berani. Jadi, akhirnya saya menulis di website ini untuk mencari jawaban.

Sepupu saya adalah kru kapal barang yang melayani jalur antar Surabaya, Ujung Pandang ( Makassar ) dan kota-kota di Irian Jaya ( Sorong, Manokwari, Nabire ). Menjelang subuh 15 Januari pada saat kira-kira 04:00 a.m, dia dan teman-teman krunya melihat sinar bentuk aneh dari bawah laut. Pertama-tama mereka melihat dua sinar di depan kapal mereka, dan tiba-tiba dua sinar ini bergerak cepat mengarah ke kapal dan berhenti tepat masing-masing di sisi kapal. Begitu kedua sinar ini berhenti, tiba-tiba ada banyak lagi benda-benda seperti ini mengeluarkan sinar seperti seseorang telah menyalakan lampu dari bawah laut. Mereka tak berbentuk, mirip bentuk pulau-pulau di peta. Sinar-sinar tak berbentuk ini menyebar di area seluas diameter 1.8 km, batasan luar area ini berbentuk bulat elips ( oval ). Tidak ada suara yang terdengar. Sepupu saya dan teman-teman krunya cuma berdiri di kapal dan sama sekali tidak melakukan apa-apa sampai kapal mereka melewati benda-benda bersinar ini. Sinar tersebut berwarna putih seperti lampu neon TL.

Sepupu saya mengaku dia tidak pernah melihat benda seperti itu sebelumnya, tapi temannya pernah melihatnya sebulan sebelumnya di tempat yang berdekatan, arah timur dengan lokasi yang diceritakan di atas. Pada saat itu temannya sedang melakukan perjalanan menuju kota Manokwari. Temannya melihat sinar-sinar yang sama dari bawah laut tapi dengan formasi berbeda dari cerita diatas, benda-benda ini membentuk formasi garis lurus di depan kapal. Sewaktu kapal berusaha membelok balik untuk menghindari tabrakan dengan benda ini, tiba-tiba sinar-sinar yang sama membentuk formasi yang sama tepat di belakang kapal. Dan kapal tersebut terangkat sedikit sewaktu menabrak benda-benda tersebut. Kemudian kapal mengarah ke kanan dan lolos dari kedua formasi sinar-sinar tersebut.

Catatan penampakan terakhir adalah pada saat KM Lintas Samudera ( kapal penumpang ) mengalami kecelakaan di Laut Banda Moluccas. Beberapa orang terbunuh pada saat kecelakaan ( saya tidak ingat jumlah korban tapi anda bisa mengeceknya pada koran lokal dan nasional tanggal 20 s/d 30 Januari 2000, salah satu yang saya baca adalah Jateng Pos tertanggal Jumat, 28/01/00 ). Beberapa orang yang selamat bercerita bahwa sebelum tenggelam ada dua bentuk sinar dari bawah laut yang bergerak cepat menuju kapal dan kemudian menghancurkan kapal. Kapal tersebut ditemukan kemudian di pantai pulau sekitarnya.

Saya berkeinginan kuat untuk mencari penjelasan phenomena ini. Saya dan sepupu berpendapat bahwa sinar-sinar tersebut dibuat oleh binatang bawah laut seperti ikan, belut laut, atau mungkin cumi-cumi raksasa. Tapi seandainya demikian, kenapa benda-benda tersebut tidak bergerak sewaktu kapal mendekati mereka ( menurut pengamatan sepupu saya ). Dan bagaimana menyalakan dan memadamkan sinar-sinar tersebut? Sejauh pengetahuan saya, beberapa binatang laut bisa mengeluarkan listrik dan sinar, seandainya demikian bukankah mereka selalu bersinar dan tidak bisa memadamkannya.

Pendapat kedua adalah benda tersebut merupakan sebuah kapal selam nuklir raksasa. Siapa tahu, kerusuhan yang terjadi di pulau Moluccas berhubungan dengan kapal selam tersebut yang sedang melaksanakan misi terselubung menurunkan persenjataan di pulau-pulau? ( mungkin kedengarannya terlalu tidak masuk akal dan paranoid ). Tetapi bukankah reaktor nuklir di kapal selam dengan proses radiasi Cerenkov akan menghasilkan sinar-sinar seperti itu?. Tapi seandainya benda itu adalah kapal selam, kapal selam jenis apa yang mempunyai diameter 1.8 km?, dan bagaimana kapal selam bisa merubah bentuk?

Mohon, saya mencari penjelasan.

Sepupu saya adalah Insinyur 3 ( tiga ) di kapal KM Sidu Arsi, sebuah kapal barang milik P.T. Pelni ( Pelayaran Nasional Indonesia ) yang melayani jalur Surabaya-Makassar- Irian jaya.