UFO Satu Jam Muncul di Malang

Sumber: Jawa Pos, 3 Januari 1994

Malang JP.-
UFO (Unidentified Flying Object) muncul di Malang. Benda berwujud piring terbang itu diketahui berputar-putar di atas rumah Hari Kusbandi di Jalan Ijen No.11 A, Malang sekitar pukul 19.00 kemarin malam "Tetapi saya yakin itu bukan sinar sokle karena memiliki beberapa buah kaki dan mengeluarkan asap," kata Heru penjaga di rumah tersebut kepada Jawa Pos tadi malam.

Benda itu diyakini UFO lantaran tak mengeluarkan sinar dan tidak ada asal sinarnya. "Kalau sokle, tentunya ada asal sinarnya, kata Heru, berputar-putar di atas rumah majikannya sekitar setengah jam. Begitu melihat benda aneh yang terbang di atas rumah, Heru langsung memanggil Mak Yem pembantu di rumah itu dan Evi putri majikannya. "Saya sebenarnya pengin mengambil kamera tetapi karena bingung dan heran, ya tidak jadi," ujar Evi.Menurut Evi benda terbang itu berbentuk bulat terkadang membesar dan mengecil "Benda itu terbang berputar beberapa meter di atas pohon-pohon palem. Setelah sekitar setengah jam, benda itu pun menghilang dan terbang ke arah timur," kata siswa SMA Dempo itu.

Kesaksian senada juga diberitakan Mak Yem, pembantu rumah tangga Hari. Mak Yem mengetahui piring terbang itu setelah dipanggil Heru. "Benda bulat itu memiliki beberapa kaki di bawah dan mengeluarkan asap," kata wanita setengah haya itu.
Kemungkinan munculnya UFO di Malang kemarin malam dkuatkan pula oleh kesaksian Andri seorang karyawan yang menempati rumah di Jalan Ijen No 11. Andri ketika itu kebetulan sedang berada di luar setelah hujan reda. “Tiba-tiba saya dipanggil Pak Herudan ditunjuki piring terbang itu,” katanya.

Andri juga yaki bahwa benda tersebut bukan sinar sokle yang disorotkan dari arena Oriental Sircus yang memang sedang menggelar pertunjukan di stadion luar Gajayana. “Kalau sokle saya tahu persis karena bentuknya berupa sinar memanjang. Tetapi, yang ini lain karena bentuknya bulat dan ada beberapa kaki yang mengeluarkan asap,” katanya.

Benda itu, kata Andri, terbang berpindah-pindah tempat dan besarnya berubah-ubah. “Terkadang mengecil, kemudian membesar lagi. Teatpi, bentuknya tetap lingkaran yang bulat,” katanya lagi.

Yang mengejutkan, sebelumnya, ternyata ada juga warga Bareng, yakni Andi, yang menyaksikan benda semacam piring terbang itu. Semula dia mengira benda itu sokle dari tontonan sirkus yang sejak beberapa hari lalu main di kota Malang.

“Benda itu muncul pada malam Tahun baru sekitar pukul 19.30,” kata Andi. Dia juga mebenarkan benda tersebut memiliki beberapa lingkaran bulat yang menyerupai kaki. (arn/jij)