Jayapura, Irian Jaya, 1982

Peristiwa ini dikisahkan oleh saksi I.K. yang ketika kejadian masih berada di bangku sekolah dasar. Kejadiannya sendiri terjadi pada tahun 1982 ( tanggal pastinya tidak diketahui ), di lapangan tenis di dekat SDN Inpres Angkasa, Jayapura, Irian Jaya, dan berdekatan dengan pangkalan helikopter milik TNI-AD serta berbatasan dengan Papua Nugini.

Pada malam itu saksi sedang bertugas sebagai penjaga bola pada pertandingan tennis yang diadakan di lapangan tersebut dan posisi saksi berada di pinggir lapangan menghadap ke arah timut. Keadaan langit ketika itu bersih tanpa awan.

Pada sekitar pukul 20.00 - 21.00 WIT dari daerah pegunungan di arah barat ( arah belakang saksi ) muncul suatu objek bulat besar berbentuk cakram yang memancarkan sinar berwarna hijau muda. Sinar yang dipancarkan stabil ( tidak berkedip ). Bentuk keliling objek itu tidak diketahui pasti, dikarenakan sinar yang memancar cukup terang tadi.

Objek tersebut bergerak perlahan ke arah lapangan tennis dengan mengelurkan bunyi mendesis. Ukuran objek tersebut hampir sebesar lapangan tennis dan ketinggiannya sekitar 100 - 120 meter dari permukaan tanah. Objek itu kemudian bergerak perlahan membuat lintasan yang lurus. Begitu sampai di atas lapangan tennis, objek itu mengubah arah menuju ke timur laut dan terus bergerak. Sesampainya di atas pepohonan cemara yang berjarak sekitar 40 meter dari lapangan tennis, objek tersebut kemudian melesat dengan kecepatan yang luar biasa ke arah laut.

Durasi penyaksian sekitar satu menit dan disaksikan oleh kurang lebih 30 orang.

Sumber: Laporan penyaksian UFO yang dikumpulkan oleh SCUFOS [ Hary Iswanto, Jakarta]