Pekanbaru Didatangi Benda Mirip UFO (2007)

PEKANBARU - Warga Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru tersontak kaget melihat benda aneh di langit, Sabtu (5/5/2007). Benda itu, diam bercahaya selama dua puluh menit dan kemudian menghilang. Benda itu mirip piring terbang atau istilah antariksa Unidentified Flying Object disingkat UFO, yang artinya benda terbang tak dikenal atau benda terbang aneh. Saksi mata yang menaksikan benda aneh itu, Doris M Yahya, warga Jalan Nila, No 25 RT 01 RW 06, Kelurahan Limbungan Baru, Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru.

Doris, melihat benda pada Sabtu Malam sekitar pukul 19.00 WIB, ia berdiri di depan teras rumahnya, dan secara tak sengaja melihat benda yang semula ia kira bintang. Namun setelah diperhatikan agak lama, benda tersebut bukan bintang dan bukan pula sebuah pesawat yang tengah mengudara di malam hari. Karena penasaran, Doris pun segera memanggil keluarganya serta warga sekitar serta berinisiatif dengan mengabadikan benda tersebut memakai kamera.
"Karena penasaran, saya suruh saudara saya mengambilnya dengan kamera selama 20 menit. Setelah itu benda tersebut menghilang," ujar Doris kepada Metro Riau, Minggu (6/5).

Karena benda tersebut telah hilang, hasil dari kamera itu pun ia masukkan ke dalam komputer. Setelah dilihat, benda di angkasa tersebut menyerupai piring terbang atau UFO. Doris dan warga sekitar pun terkejut. Seakan tak percaya, ia pun melihat berkali-kali hasil pengambilan kamera itu. Namun tetap benda tersebut menyerupai piring terbang.

"Ia bersinar dan mirip sekali dengan piring terbang. Tapi kita belum bisa pastikan itu, karena yang berwenang tentu pihak yang berkompeten yaitu tim antariksa Indonesia atau dari NASA," jelas Doris.

Salah seorang warga sekitar, Doni juga mengakui melihat kejadian yang dialami Doris tersebut. "Sewaktu saya lihat di angkasa saya belum bingung benda apa yang bersinar itu. Tapi setelah lihat dari hasil rekaman kamera di komputer, benda itu mirip sekali dengan piring terbang," ujar Doni kepada Metro Riau.

Danlanud Tolak Komentar Soal UFO

Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Pekanbaru Kolonel Pnb Gandhara Olivenca menolak untuk berkomentar soal pengakuan seorang warga yang melihat adanya benda asing pada Sabtu (5/5) malam, yang menyerupai piring terbang atau Unidentified Flying Object disingkat UFO, yang artinya benda terbang tak dikenal atau benda terbang aneh.

"Saya tidak dapat memberikan komentar karena itu bukan kewenangan saya untuk menjawabnya," kata Gandhara di Pekanbaru, Senin (7/5), saat dihubungi melalui telepon selularnya. Ia mengatakan Lanud Pekanbaru hanya bersifat memberikan bantuan apabila ada permintaan terkait pemantauan satelit atau masuknya benda asing melalui udara di wilayah Pekanbaru dan sekitarnya. Ia mengatakan, mengenai kepastian kebenaran pengakuan seorang warga tersebut yang lebih berhak dan berkompeten memberikan komentar adalah Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) III di Medan.

Sebelumnya, salah seorang warga di Jalan Nila Rumbai Pesisir Doris M yahya mengaku bahwa dirinya melihat benda asing di udara pada Sabtu malam akhir pekan lalu. Dalam pengakuannya ia menjelaskan, sekitar pukul 19.00 WIB ketika ia sedang berdiri di depan rumahnya dirinya secara tidak sengaja melihat benda yang dikiranya bintang. Namun setelah diperhatikan agak lama ia mencurigai bahwa benda yang dilihatnya lebih menyerupai piring terbang atau UFO. Bahkan ia dan anggota keluarganya sempat membidik benda asing tersebut dengan kamera selama 20 menit. Dari gambar hasil bidikannya tersebut ia menyakini bahwa benda tersebut menyerupai piring terbang walau ia sendiri tidak dapat memastikannya. (rio)

<<back