Sleman, Yogyakarta, 1976

Informasi ini diperoleh dari BETA-UFO Pontianak (Rudy Fransiskus) dari kesaksian Catharina Pancer Istiyani yang saat ini tinggal di Pontianak.


Catharina Pancer IstiyaniSiang itu kira-kira pukul 15.00-an [sekitar tahun 1976, aku baru berumur 3 tahunan] cuaca cukup baik, meski sedikit mendung. Kalau tidak salah, keluarga kami berkumpul di belakang rumah. Alamat rumah dulu namanya Jl. Turi, Desa Panggungsari, Sariharjo, Ngaglik, Sleman. Sekarang Jl. Palagan Tentara Pelajar Yogyakarta.

Tempat itu agak nyaman untuk duduk-duduk waktu panas siang mulai menyengat. Aku tak ingat lagi, aktivitas apa yang aku dan keluargaku yang lain lakukan. Tapi belakang rumah itu bagiku tempat yang mengesankan karena ibuku sering kali mencari uban atau mencabuti rambut yang tumbuh didagu ayahku dengan pinset di situ. Tapi, tiba-tiba ... keadaan jadi agak ramai ketika ada yang berteriak, ”Itu apa?” Secepatnya kami mendongakkan kepala kami dan semuanya mengarah ke arah barat laut. Yang samar-samar aku lihat adalah benda berwarna kelabu, bentuk bundar pipih dan melayang ukuran benda itu diperkirakan Sebesar kamar orang dewasa, tapi bundar, pipih. Pergi cepat sekali, melesat ... ke arah barat laut. (dari arah barat laut rumah kami dan semakin menjauh ke arah barat laut yang lebih jauh lagi)

Selain keluarga kami (aku, ayah, ibu, 1 abang dan 1 kakak), ada beberapa tetanggaku [jumlahnya tak ingat, tapi mungkin sekitar 3 orang] semua terheran-heran. Setelah itu mendung memang berarak cepat dan membuat dunia sekitar rumahku menghitam. Dan ... angin bertiup kencang, hujan deras disertai guntur. (Informasi ini diperoleh Catharina Pancer Istiyani setelah dia menanyakan lagi keluarganya di Yogyakarta lewat telepon)